-->
  • Cara Menampilkan Ekstensi File (File Extensions)

    Cara Menampilkan Ekstensi File (File Extensions)


    File extensions merupakan sekumpulan karakter yang ditambahkan di posisi akhir nama file. Ekstensi file selalu diawali dengan titik (.) seperti .doc, .exe, .xls, .jpeg dan lain sebagainya. Ekstensi file ini akan digunakan oleh sistem operasi, misalnya Microsoft Windows, untuk menjalankan program aplikasi yang tepat dan sesuai. Secara standar, Microsoft Windows 7 dan sistem operasi sebelumnya akan menyembunyikan ekstensi file dan hanya menampilkan nama filenya saja.

    Ekstensi file berguna sebagai identitas suatu file. seperti file yang berjenis video memiliki ekstensi MP4, MKV atau juga FLV lalu jika bebentuk gambar memiliki ekstensi PNG, JPG, Bitmap dan lain-lain.


    Langkah-langkahnya adalah:

    1. Buka Windows Explorer

    2. klik Organize yang terletak di pojok kiri atas dan kemudian pilih Folder and search options



    3. Maka akan muncul tampilan Folder Option



    4. Di jendela Folder Options yang muncul, pastikan Anda berada di tab View dan bagian Advanced settings, hilangkan tanda centang dari kotak centang (check box) berlabel “Hide extensions for known file types”. Tekan tombol Apply dan kemudian tombol OK untuk menyimpan perubahan.



    5. Sekarang Coba lihat direktori atau folder Anda dan sekarang perhatikan bahwa ekstensi telah ditampilkan mengikuti nama file.


    Sekian dari saya semoga bermanfaat
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment