-->
  • Sejarah Sepak bola part 3

    Ini part 3 dari pembahasan sejarah sepak bola
    Perkembangan sepak bola di dunia terus berlanjut, hingga pada tahun 1908 permainan sepak bola dimasukkan ke dalam Olimpiade dan menyelenggarakan kegiatan kejuaraan dunia pertama untuk permainan sepak bola atau Piala dunia di Uruguay pada tahun 1930-an.

    Ada hal yang unik di luar dari teknis permainan sepak bola yang mesti dicatat, yaitu adanya keberhasilan BBC yang menjadi stasiun televisi pertama yang berhasil menayangkan permainan sepak bola di tahun 1938, dan pada tahun 1966 digunakannya fitur replay dalam setiap gol yang terjadi di siaran televisi.

    Permainan sepak bola, sepanjang sejarah sepak bola memang merupakan sarana hiburan yang paling banyak digemari oleh banyak orang di dunia. Hal inilah yang membuat FIFA lalu memperlebarkan sayap dengan membentuk beberapa badan asosiasi regional yang terdiri dari beberapa negara sebagai berikut ini:

    UEFA (Union of European Football Associations) yang merupakan suatu kelompok atau asosiasi sepak bola mencakup negara-negara Eropa.
    CONCACAF (The Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football) yang merupakan sebuah kelompok atau asosiasi sepak bola yang menaungi negara-negara yang ada di Amerika Tengah, Karibia dan Amerika Utara,
    CONMEBO (Confederacion Sudamericana de Futbol) yang merupakan suatu kelompok atau asosiasi sepak bola yang menaungi negara-negara di Asia.
    CAF (Confederation of African Football) yang merupakan kelompok atau asosiasi sepak bola untuk menaungi negara-negara yang ada di Benua Afrika.
    OFC (Oceania Football Confederation) yang merupakan asosiasi sepak bola yang menaungi Negara Oceania.
    Itulah perjalanan sejarah sepak bola dunia. Akan terasa tidak lengkap kalau kita sudah membahas sejarah sepak bola dunia namun tidak membahas sejarah sepak bola Indonesia.

    Oleh karena itu, sebagai orang Indonesia ada baiknya kita juga mengetahui seperti apa sejarah sepak bola Indonesia?

    Sejarah Sepak Bola di Indonesia


    Sejarah sepak bola Indonesia tentunya tidak lepas dari peran bangsa lain yang sudah melakukan penjajahan atau perdagangan di wilayah Indonesia.

    Pertama kali, dalam sejarah sepak bola Indonesia bahwa Cina-lah yang sudah memperkenalkan permainan sepak bola kepada Indonesia untuk menunjukkan bahwa negeri tirai bambu Cina juga tidak kalah superior dibandingkan negara-negara yang ada di Eropa seperti Belanda.

    Sehingga selain punya keinginan untuk melakukan perdagangan, Cina juga memiliki andil yang begitu besar dalam sejarah sepak bola Sndonesia.

    Sudah tercatat bahwa pada tahun 1915, telah terdapat banyak klub atau perkumpulan sepak bola yang berdiri dan didirikan oleh warga Tionghoa, bahkan di tahun 1920 terdapat klub seperti UMS Jakarta dan Surabaya yang telah menjadi klub terhebat dalam persepakbolaan Hindia Belanda (nama Indonesia tempo dulu).

    Kehebatan Indonesia pada masa itu ternyata sudah sampai pernah ikut dalam kancah piala dunia tahun 1938.

    Dalam perjalanan sejarah sepak bola Indonesia, terdapat beberapa peristiwa yang penting untuk dicatat, yaitu berdirinya asosiasi sepak bola Indonesia yang bertugas untuk menaungi klub sepak bola yang ada di Indonesia.

    Orgaisasi tersebut bernama PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) yang didirikan pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta. PSSI berdiri sebelum keikutsertaan Indonesia dalam Piala Dunia tahun 1938 di Perancis.

    Hal lain yang perlu dicatat dalam perjalanan sejarah sepak bola Andonesia adalah pernah terjadinya perselisihan antara PSSI dan NIVU untuk memutuskan siapa yang berhak ikut ke pertandingan Piala Dunia di Perancis.

    Pada waktu itu Soeratin Sosrosoegondo menginginkan pertandingan antara PSSI dengan NIVB. Akan tetapi FIFA langsung mengakui badan kerjasama PSSI dan NIVU sehingga nama yang dibawa ke Perancis bukanlah Indonesia, melainkan Hindia Belanda.

    Lanjutanya di part 4
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment